• Latest
  • Trending
  • All
  • News
  • Business
  • Politics
  • Science
  • World
  • Lifestyle
  • Tech
Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi Dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi Dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

15 Desember 2023
Komisi Tiga DPRK RDP Reviu RSUD Langsa 

Komisi Tiga DPRK RDP Reviu RSUD Langsa 

3 Juli 2025
Polsek Kerumutan Gelar Patroli Blue Light, Sasar Objek Vital hingga Pusat Keramaian

Polsek Kerumutan Gelar Patroli Blue Light, Sasar Objek Vital hingga Pusat Keramaian

3 Juli 2025
Cegah Asap, Bhabinkamtibmas Ukui Ajak Warga Bersama Jaga Lahan dari Kebakaran

Cegah Asap, Bhabinkamtibmas Ukui Ajak Warga Bersama Jaga Lahan dari Kebakaran

3 Juli 2025
Polisi Gerak Cepat Tangani Kebakaran 14 Kios di Pasar Kuala Semundam, Pelalawan

Polisi Gerak Cepat Tangani Kebakaran 14 Kios di Pasar Kuala Semundam, Pelalawan

3 Juli 2025
Polsek Pangkalan Kerinci Sosialisasikan Saber Pungli di Titik Keramaian Kota

Polsek Pangkalan Kerinci Sosialisasikan Saber Pungli di Titik Keramaian Kota

3 Juli 2025
Oknum mantan Kades Suak Jampak Jual Tanah Wakaf Pesantren

Oknum mantan Kades Suak Jampak Jual Tanah Wakaf Pesantren

3 Juli 2025
Syukuran, TNI Beri Kejutan di Hari Bhayangkara ke-79 Kepada Polres Metro Tangerang Kota

Syukuran, TNI Beri Kejutan di Hari Bhayangkara ke-79 Kepada Polres Metro Tangerang Kota

3 Juli 2025
Polsek Kuala Kampar Tegaskan Larangan Membakar Lahan Lewat Sosialisasi Maklumat Kapolda Riau

Polsek Kuala Kampar Tegaskan Larangan Membakar Lahan Lewat Sosialisasi Maklumat Kapolda Riau

3 Juli 2025
Bhabinkamtibmas Desa Sotol Gelar Kegiatan Cooling System Ciptakan Situasi Kondusif di Pelalawan

Bhabinkamtibmas Desa Sotol Gelar Kegiatan Cooling System Ciptakan Situasi Kondusif di Pelalawan

3 Juli 2025
Kesbangpol Aceh Gelar Sosialisasi Pemahaman Etika dan Budaya Berpolitik bagi Kaum Hawa di Langsa

Kesbangpol Aceh Gelar Sosialisasi Pemahaman Etika dan Budaya Berpolitik bagi Kaum Hawa di Langsa

3 Juli 2025
Kapolsek Pangkalan Lesung Kawal Ketat Bakti Sosial Khitanan Massal Baznas dan Puskesmas Bersinar

Kapolsek Pangkalan Lesung Kawal Ketat Bakti Sosial Khitanan Massal Baznas dan Puskesmas Bersinar

3 Juli 2025
Cegah Karhutla, Polsek Teluk Meranti Sebar Maklumat Kapolda Riau di Lahan Rawan Terbakar

Cegah Karhutla, Polsek Teluk Meranti Sebar Maklumat Kapolda Riau di Lahan Rawan Terbakar

3 Juli 2025
  • Home
    • Home – Layout 1
    • Home – Layout 3
    • Home – Layout 2
    • Home – Layout 4
    • Home – Layout 5
  • Redaksi
  • Berita
  • Daerah
  • Kemenkumham
  • Kesehatan
  • Nasional
  • Olahraga
  • Opini
  • Peristiwa
  • Politik
Kamis, Juli 3, 2025
  • Login
  • Home
    • Home – Layout 1
    • Home – Layout 3
    • Home – Layout 2
    • Home – Layout 4
    • Home – Layout 5
  • Redaksi
  • Berita
  • Daerah
  • Kemenkumham
  • Kesehatan
  • Nasional
  • Olahraga
  • Opini
  • Peristiwa
  • Politik
Aceh Investigasi News
No Result
View All Result
Aceh Investigasi News
No Result
View All Result
  • Home
  • Redaksi
  • Berita
  • Daerah
  • Kemenkumham
  • Kesehatan
  • Nasional
  • Olahraga
  • Opini
  • Peristiwa
  • Politik
Home Berita

Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi Dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

by a1news.co.id
15 Desember 2023
in Berita, Kemenkumham
0
Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi Dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik
500
SHARES
1.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

a1news.co.id|Jakarta– Di penghujung tahun 2023, sekali lagi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini penghargaan diraih dari Ombudsman RI dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

 

Penghargaan ini di terima oleh Hantor Situmorang, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama yang mewakili Kementerian Hukum dan HAM.

 

Kemenkumham memperolehan Kategori B (kualitas tinggi) dengan nilai 83,81, meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya, yakni 79,91. Mendapat penilaian peringkat 10 pada lingkup Kementerian.

 

Ketua Ombudsman menyampaikan penilaian kepatuhan standar pelayanan publik telah dilaksanakan sejak 10 tahun lalu. tepatnya di tahun 2013 katanya dalam acara Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023 di Hotel Aryaduta Jakarta.

 

Selama kurun waktu dilakukannya penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik ini dimulai pada Juni sampai Oktober 2023,

 

Adapun penilaian dilakukan terhadap pejabat dan unit pelayanan di lingkungan Kemenkumham yang meliputi unit pelayanan di Ditjen KI pada Direktorat merek dan Indikasi Geografis, Ditjen AHU pada Direktorat Perdata, Ditjen Imigrasi pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan dan Ditjen PAS pada Lapas Kelas I Cipinang.

 

Saat memberikan sambutan, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan bahwa penilaian kepatuhan ini merupakan bagian dari program prioritas reformasi kelembagaan birokrasi untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, baik di kementerian/lembaga (K/L) di pusat maupun daerah.

 

Penilaian kepatuhan merupakan bentuk pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI yang bertujuan untuk mendorong pencegahan maladministrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

Selain itu, penilaian kepatuhan juga menjadi tolok ukur terhadap evaluasi dan penguatan pengawasan internal melalui atasan langsung.

 

Mahfud pun meminta kepada seluruh K/L, Pemda provinsi, hingga pemerintahan kota/kabupaten untuk mematuhi atau mengikuti apa yang menjadi saran dari Ombudsman RI.

 

“Sejatinya negara yang bijaksana adalah negara yang pemerintahannya patuh kepada lembaga penegakan hukum seperti Ombudsman RI,” ujarnya, Kamis (14/12/2023) sore.

 

Dalam penilaian ini segenap dimensi, variabel, dan indikator penilaian diambil berdasarkan komponen penyelenggaraan pelayanan publik yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012, dan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 yang berkaitan langsung dengan penyelenggara layanan publik.

 

Adapun dimensi penilaian meliputi dimensi input yang terdiri dari variabel penilaian kompetensi pelaksana dan variabel pemenuhan sarana prasarana pelayanan.

 

Kedua, dimensi proses terdiri dari variabel standar pelayanan. Ketiga, dimensi output terdiri dari variabel penilaian persepsi maladministrasi. Terakhir, dimensi pengaduan terdiri dari variabel pengelolaan pengaduan.(Red)

Post Views: 267
Share200Tweet125Share50
a1news.co.id

a1news.co.id

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Seniman Pengusaha Keyboard (SEPAKAT) Merasa Dirugikan Dengan Edaran MPU Aceh Tengah

Seniman Pengusaha Keyboard (SEPAKAT) Merasa Dirugikan Dengan Edaran MPU Aceh Tengah

21 Februari 2025
Ulama Kota Langsa Kirim Do’a Untuk Faisal Amsco

Ulama Kota Langsa Kirim Do’a Untuk Faisal Amsco

19 April 2025
Demi Kamtibmas Bersama, Kapolres Siak : Aktifitas Bongkar Muat Di Perawang Dihentikan Sementara Waktu

Demi Kamtibmas Bersama, Kapolres Siak : Aktifitas Bongkar Muat Di Perawang Dihentikan Sementara Waktu

5 Juni 2024
Kadis Pendidikan dan Kebuyaan Kota Langsa Gelar Lomba Edukatif Kultural Museum 2024.

Kadis Pendidikan dan Kebuyaan Kota Langsa Gelar Lomba Edukatif Kultural Museum 2024.

1
Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi Dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi Dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

0
Refleksi Akhir Tahun 2023 Kemenkumham, Momentum Untuk Menghargai Dan Bersyukur

Refleksi Akhir Tahun 2023 Kemenkumham, Momentum Untuk Menghargai Dan Bersyukur

0
Komisi Tiga DPRK RDP Reviu RSUD Langsa 

Komisi Tiga DPRK RDP Reviu RSUD Langsa 

3 Juli 2025
Polsek Kerumutan Gelar Patroli Blue Light, Sasar Objek Vital hingga Pusat Keramaian

Polsek Kerumutan Gelar Patroli Blue Light, Sasar Objek Vital hingga Pusat Keramaian

3 Juli 2025
Cegah Asap, Bhabinkamtibmas Ukui Ajak Warga Bersama Jaga Lahan dari Kebakaran

Cegah Asap, Bhabinkamtibmas Ukui Ajak Warga Bersama Jaga Lahan dari Kebakaran

3 Juli 2025
Aceh Investigasi News

Copyright © 2023 A1 News

Navigate Site

  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
    • Home – Layout 1
    • Home – Layout 3
    • Home – Layout 2
    • Home – Layout 4
    • Home – Layout 5
  • Redaksi
  • Berita
  • Daerah
  • Kemenkumham
  • Kesehatan
  • Nasional
  • Olahraga
  • Opini
  • Peristiwa
  • Politik

Copyright © 2023 A1 News

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In